Apa itu Difteri dan Bagaimana Cara Pencegahannya? - Situs Berita Terbaru Nasional dan Internasional | Koran Onlinez

Breaking

RAJADOMINO88

Apa itu Difteri dan Bagaimana Cara Pencegahannya?

Apa itu Difteri dan Bagaimana Cara Pencegahannya?

Koran Onlinez - Difteri merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh kuman Corynebacterium diptheriae.

Difteri menimbulkan gejala dan tanda berupa demam yang tidak begitu tinggi, sekitar 38 derajat Celcius, munculnya "pseudomembran" atau selaput di tenggorokan yang berwarna putih keabu-abuan yang mudah berdarah jika dilepaskan, sakit waktu menelan, kadang-kadang disertai pembesaran kelenjar getah bening leher dan pembengakan jaringan lunak leher yang disebut "bullneck". Terkadang difteri disertai sesak napas dan suara mengorok. 

Difteri dapat menyerang orang yang tidak mempunyai kekebalan terutama anak-anak. Pencegahan utama difteri adalah dengan imunisasi.

Indonesia telah melaksanakan program imunisasi – termasuk imunisasi difteri – sejak lebih lima dasawarsa. Vaksin untuk imunisasi difteri ada tiga jenis, yaitu vaksin DPT-HB-Hib, vaksin DT, dan vaksin Td yang diberikan pada usia berbeda. Imunisasi difteri diberikan melalui Imunisasi Dasar pada bayi (di bawah satu tahun) sebanyak tiga dosis vaksin DPT-HB-Hib dengan jarak satu bulan.

Selanjutnya, diberikan Imunisasi Lanjutan (booster) pada anak umur 18 bulan sebanyak 1 dosis vaksin DPT-HB-Hib; pada anak sekolah tingkat dasar kelas-1 diberikan 1 dosis vaksin DT, lalu pada murid kelas-2 diberikan 1 dosis vaksin Td, kemudian pada murid kelas-5 diberikan 1 dosis vaksin Td.

Keberhasilan pencegahan difteri dengan imunisasi sangat ditentukan oleh cakupan imunisasi, yaitu minimal 95 persen.

Cegah difteri

Tak hanya imunisasi saja, ada trik lain mencegah diri agar tidak tertular difteri. Bagi orang yang mengalami gangguan pernapasan, sebaiknya pakai masker.

Kalau tubuh meraa kurang sehat, Anda tetap bisa memakai masker. Tak lupa untuk selalu mencuci tangan agar terjaga kebersihan.

"Pencegahan ini penting. Karena penularan difteri itu sangat cepat, terutama lewat droplet (percikan air liur). Misalnya, bersin dan batuk," tambah Subuh.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad