Tiga Pesawat Pembom B-2 Spirit dan 200 Awak AS Dikerahkan Ke Guam - Situs Berita Terbaru Nasional dan Internasional | Koran Onlinez

Breaking

RAJADOMINO88

Tiga Pesawat Pembom B-2 Spirit dan 200 Awak AS Dikerahkan Ke Guam

Tiga Pesawat Pembom B-2 Spirit dan 200 Awak AS Dikerahkan Ke Guam

Koran Onlinez - Militer Amerika Serikat (AS) mengerahkan tiga pesawat pembom (bomber) B-2 Spirit ke pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam. Sekitar 200 awak pesawat Amerika juga dikerahkan di sana.

Pengerahan tiga pesawat pembom B-2 Spirit itu telah dikonfirmasi Pasukan Udara Pasifik (PAF) dalam situs resminya yang dikutip SINDOnews, Jumat (12/1/2018). Ketiga pesawat pembom dan ratusan awak itu dikerahkan dari Pangkalan Angkatan Udara Whiteman di Missouri.

Menurut PAF, langkah militer tersebut bertujuan untuk mendukung misi “Bomber Assurance and Deterrence” Komando Pasifik AS.

”(Pesawat) pembom strategis AS secara teratur memutar melalui wilayah Indo-Pasifik untuk melakukan operasi udara yang dipimpin PACOM (Komando Pasifik), memberi para pemimpin opsi jera untuk mempertahankan stabilitas regional,” tulis PAF di situsnya.

”Selama penempatan jangka pendek ini, B-2 akan melakukan latihan lokal dan regional dan akan mengintegrasikan kemampuan dengan sekutu utama regional, memastikan awak bomber menjaga kesiapan dan kemampuan siaga tinggi,” lanjut PAF.

Pasukan Udara Pasifik AS tersebut tidak menjelaskan berapa lama ketiga pesawat pembom B-2 Spirit dan ratusan awak pesawat tersebut ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udar Andersen, Guam.

Baca juga :
Pangkalan Militer Rusia Di Suriah Diserang Lusinan Drone, Ulah AS Kah?

B-2 merupakan satu pesawat pembom utama milik militer AS. Dua pesawat pembom andalan Pentagon lainnya adalah pesawat B-1B Lancer dan B-52 Stratofortress.

Langkah militer Washington ini terjadi di tengah ketegangan antara AS dan Korea Utara (Korut), di mana pada Oktober lalu rezim Kim Jong-un mengancam akan menyerang wilayah Guam dengan peluru kendali (rudal) balistik.

Ancaman Korut terhadap Guam bukan pada Oktober itu saja. Sebelumnya, pada Agustus 2017 rezim Kim Jong-un juga membuat ancaman serupa namun dibatalkan.

Beberapa minggu yang lalu, AS mengadakan latihan dengan Jepang di daerah selatan semenanjung Korea, menggunakan pesawat yang ditempatkan di Guam dan Jepang. Pesawat AS yang terlibat dalam latihan tersebut termasuk pesawat pembom B-1, pesawat tempur siluman F-35 dan jet tempur F-18.

Latihan AS di wilayah tersebut telah berulang kali membuat marah Korut. Rusia juga mengkritik retorika Washington yang hanya bertujuan untuk memprovokasi Pyongyang.

Sumber: Sindonews.com

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad