Berkat Penataan Tanah Abang, Kemacetan Turun Sekitar 56 Persen - Situs Berita Terbaru Nasional dan Internasional | Koran Onlinez

Breaking

RAJADOMINO88

Berkat Penataan Tanah Abang, Kemacetan Turun Sekitar 56 Persen

Berkat Penataan Tanah Abang, Kemacetan Turun Sekitar 56 Persen

Koran Onlinez - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, ada penurunan kemacetan di kawasan Tanah Abang usai penataan dilakukan.

"Tetapi ternyata ada penurunan (kemacetan) yaitu sekitar 56 persen dibandingkan hari-hari yang sama pada minggu-minggu sebelumnya," ujar Sandiaga, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Kepala Unit Jakarta Smart City Setiaji mengatakan, data penurunan kemacetan tersebut didapat berdasarkan laporan kemacetan para pengguna perangkat navigasi Waze.

"Jadi, di Waze itu kan ada pengguna yang melaporkan kondisi kemacetan. Nah, di Jakarta ini kan ada sekitar 2 juta pengguna Waze aktif setiap hari melaporkan kondisi kemacetan. Nah, itu yang kami coba hitung," kata Setiaji.

Baca juga :
Pemkab Gorontalo Melarang Warganya Rayakan Tahun Baru, Kenapa?

Setiaji mengatakan, data itu berdasarkan laporan per 14-26 Desember 2017.

"Secara spesifik, dari titik kemacetan yang dilaporkan oleh pengguna Waze harus berjarak maksimal 1 kilometer dari rute transjakarta explorer," ujarnya.

Meski demikian, Sandiaga mengatakan, data ini belum valid. Sebab, rentang waktu pengambilan data tersebut bertepatan dengan hari libur Natal.

"Jadi untuk yang mendukung di media sosial, yang menyebut ini (penataan Tanah Abang) adalah langkah brilian Anies-Sandi, jangan senang dulu, jangan euforia dulu. Karena ini tidak valid juga datanya, karena kita masuk ke masa liburan. Jadi, data were not lie, data is fair," ucap Sandiaga.

Ia berharap, konsep penataan ini mengurangi kemacetan di Tanah Abang dan sekitarnya.

Sumber: Kompas.com

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad