Jangan Sepele, Ini Gejala Jika Anda Terkena Kanker Lidah - Situs Berita Terbaru Nasional dan Internasional | Koran Onlinez

Breaking

RAJADOMINO88

Jangan Sepele, Ini Gejala Jika Anda Terkena Kanker Lidah

Jangan Sepele, Ini Gejala Jika Anda Terkena Kanker Lidah

Koran Onlinez - Pernah dengan penyakit Kanker Lidah? Banyak yang tidak tahu akan sebab dan gejala yang di timbulkan oleh Kanker Lidah. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi Kanker Lidah, misal nya mengkonsumsi alkohol berlebihan, merokok  dan diet yang tidak tepat.

Statistik menunjukkan bahwa kanker lidah lebih banyak menyerang pria dibandingkan daripada wanita, mengutip laman Step to Health, Minggu (26/11/2017). 

Berikut ini beberapa gejala kanker lidah yang harus Anda ketahui :

1. Ulkus Lidah

Nyeri hebat atau luka yang tidak kunjung sembuh setelah diobati adalah salah satu gejala awal kanker mulut atau lidah.

Biasanya, bisul pada lidah sangat menyakitkan dan membuat tidak nyaman. Gejala kanker lidah berupa ulkus akan jauh lebih sensitif dan lebih sering muncul. 

2. Nyeri

Rasa sakit yang disebabkan oleh kanker lidah tidak terbatas hanya pada lidah. Mungkin juga terjadi di seluruh mulut dan tenggorokan.

Anda mungkin merasakannya saat beraktivitas sehari-hari seperti saat minum atau mengunyah makanan. Rasa sakit saat menelan atau mengunyah, bisa menjadi indikasi kanker, meskipun mungkin juga disebabkan oleh infeksi tenggorokan, amandel, atau alergi.

Perhatikan intensitas dan durasi rasa sakit, jika berlangsung lebih lama dari seminggu dan Anda melihat gejala lain seperti bintik di lidah Anda, sebaiknya diperiksa oleh dokter.

Baca juga :
Cara Mudah Hilangkan Komedo Membandal

3. Bintik-Bintik di Lidah

Bintik bintik adalah indikasi besar lain bahwa Anda mungkin terkena kanker lidah.

Mereka biasanya berwarna putih atau disebut leukoplakia. Namun bisa juga berwarna merah atau disebut erythoplakia. Biasanya, hal ini akan bertahan lebih dari dua minggu.

Jika dokter menemukan gejala kanker, dia akan memerintahkan biopsi untuk menganalisis bintik-bintik itu.

4. Bau Tak Sedap

Timbulnya bau tak sedap di mulut Anda setelah mengalami gejala di atas sangat umum terjadi. Bau mulut bisa diatasi dengan menyikat gigi dan lidah Anda, tapi bau akan kembali dan mungkin disertai darah.

5. Perdarahan Lidah

Banyak orang dengan perdarahan di daerah lidah dan menyebar ke gusi berdarah atau bisul. Itu sebabnya penting untuk berkonsultasi ke dokter.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad