Anies : Kebinekaan Adalah Hal Yang Sangat Biasa - Situs Berita Terbaru Nasional dan Internasional | Koran Onlinez

Breaking

RAJADOMINO88

Anies : Kebinekaan Adalah Hal Yang Sangat Biasa

Anies : Kebinekaan Adalah Hal Yang Sangat Biasa

Koran Onlinez - Kali ini Anies Baswedan berbagi pengalaman nya saat menghadiri perayaan imlek di Kuil Petak Sembilan yang berada di Jalan Kemenangan, Glodok, Jakarta Barat beberapa tahun lalu. Anies saat itu masih menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

Hal itu diceritakan Anies saat menghadiri HUT XIX Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) yang digelar di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Kamis (7/12/2017) malam.

"Saya waktu itu masih jadi menteri pendidikan dan kebudayaan, saya berkesempatan melihat suasana perayaan Imlek di beberapa tempat di Jakarta. Saya datang antaranya di Petak Sembilan. Di situ saya melihat hal-hal yang sangat biasa, tidak ada yang luar biasa," ujar Anies semalam.

Ia melihat peragaan kesenian Reog Ponorogo yang berdampingan dengan kesenian Barongsai. "Itu biasa," sebutnya.

Ia melihat warga dari berbagai etnis larut dalam perayaan itu. "Itu juga hal yang biasa," kata Anies.

Baca juga:
Beli Rusunami Dp 0 Rupiah, Syarat Apa Saja?

Anies mengaku saat itu berbincang dengan penjual bunga beretnis Jawa dan merupakan seorang muslim di depan klenteng. Penjual bunga itu menyatakan kegembiraannya karena dagangannya lebih laku dari hari-hari biasanya. "Itu juga hal yang biasa," lanjutnya.

Anies juga melihat anak-anak dengan berbagai macam kostum bermain bersama dan lagi-lagi Anies mengatakan itu adalah hal yang teramat biasa.

Ia kemudian menjelaskan alasannya menganggap segala hal yang ia temui dalam perayaan imlek tersebut menjadi hal yang biasa.

"Mengapa saya katakan semua ini biasa dan tidak luar biasa, karena di Indonesia sesungguhnya kebinekaan adalah hal yang amat biasa, bukan luar biasa," ujar Anies.

Dalam sambutannya semalam, Anies mengajak seluruh warga Jakarta memahami kebinekaan sebagai hal yang mendasar dan mempersatukan bangsa.

Sumber : Kompas.com

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad