UE Menjatuhkan Embargo Senjata Ke Arab Saudi Karena.. - Situs Berita Terbaru Nasional dan Internasional | Koran Onlinez

Breaking

RAJADOMINO88

UE Menjatuhkan Embargo Senjata Ke Arab Saudi Karena..

UE Menjatuhkan Embargo Senjata Ke Arab Saudi Karena..

Koran Onlinez - Sebuah Resolusi baru telah di terapkan oleh Parlemen Eropa. Resolusi ini menyerukan embargo Uni Eropa (UE) untuk menjatuhkan embargo senjata kepada Arab Saudi. Arab Saudi dituding telah melakukan sejumlah kejahatan perang yang ada di Yaman.

Resolusi tersebut juga berisi kritik terhadap anggota UE yang menjual senjata ke kerajaan Teluk tersebut.

“Parlemen Uni Eropa mengecam keras kekerasan yang sedang berlangsung di Yaman dan semua serangan terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil, yang merupakan kejahatan perang,” bunyi resolusi parlemen Uni Eropa.

“Puluhan serangan udara yang dipimpin Saudi telah disalahkan karena membunuh dan melukai warga sipil tanpa mengindahkan hukum perang, termasuk penggunaan amunisi tandan yang dilarang secara internasional,” lanjut resolusi tersebut.

Baca juga :
Rusia Klaim AS Punya Niat Serang Korut

Dokumen resolusi secara khusus menyatakan bahwa anggota parlemen Eropa menyesalkan blokade Yaman oleh koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi. 

”Mengecam serangan udara koalisi tanpa pandang bulu yang menyebabkan korban sipil, termasuk anak-anak, dan penghancuran infrastruktur sipil dan medis,” bunyi kecaman parlemen Uni Eropa, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (2/12/2017).

Meski demikian, resolusi itu juga mengutuk tindakan pemberontak Houthi yang juga mengakibatkan jatuhnya korban sipil, termasuk melalui serangan rudal ke wilayah Saudi.

Parlemen Eropa kemudian memperbarui seruan mereka pada Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, agar meluncurkan sebuah inisiatif untuk memberlakukan embargo senjata Uni Eropa terhadap Arab Saudi.

Kendati demikian, resolusi yang tidak mengikat tersebut tak sepenuhnya diadopsi oleh seluruh anggota parlemen. Sebanyak 539 anggota parlemen mendukung, sedangkan 13 anggpta lainnnya menentang.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad